Syarat & ketentuan

KETENTUAN LOMBA

YAC (YOUTH AGROPRENEURSHIP COMPETITION) 2010

PERSYARATAN PESERTA

1. Peserta adalah perorangan atau kelompok yang terdaftar aktif sebagai mahasiswa S1 aktif di universitas dibuktikan dengan fotocopi KTM dan surat keterangan sebagai mahasiswa aktif di universitas

2. Kelompok terdiri dari 2-3 orang mahasiswa (dapat berasal dari jurusan dan fakultas yang berbeda)

3. Setiap kelompok harus menentukan ketua kelompok

4. Seseorang atau sekelompok mahasiswa baik sebagai ketua pelaksana maupun anggota hanya diperbolehkan mengirimkan satu proposal.

5. Memiliki minat dalam pengembangan invensi dan inovasi dalam bidang agrotechnopreneurship.

6. Rencana bisnis yang diperlombakan tidak melanggar peraturan perundangan yang berlaku, ketertiban umum, dan norma kesusilaan.

7. Rencana bisnis yang diperlombakan berlaku untuk bisnis yang belum beroperasi.

8. Rencana bisnis yang diperlombakan bukan merupakan skema distributor MLM, agen asuransi, member broker property, agen penjualan investasi bursa berjangka, dan semua sistem keagenan yang serupa dengan skema tersebut.

9. Rencana bisnis yang diperlombakan harus bisa diimplementasikan sebagai bisnis nyata.

10. Rencana bisnis yang diperlombakan belum pernah keluar menjadi pemenang dalam kompetisi serupa atau belum pernah dilombakan.

11. Rencana bisnis yang dilombakan adalah karya original dari peserta, bukan merupakan plagiatisme dari rencana bisnis yang telah ada. Dewan Juri berhak untuk membatalkan kemenangan peserta jika terbukti ada indikasi plagiatisme.


PENILAIAN


a. Format Proposal Rencana Bisnis

1. Cover dan Lembar Pengesahan

2. Rencana Bisnis /Business Plan

a. Executive Summary

1. Pendahuluan (Latar belakang usaha)

2. Profil Usaha (Profil Organisasi/Management dan struktur Organisasi)

3. Rencana aktivitas dan penjadwalan

b. Strategi

1. Aspek Pemasaran ( Analisis pasar, strategi pemasaran, penetapan harga, dll)

2. Aspek Produksi

c. Sumber Pendanaan, permodalan dan sistem pembagian keuntungan

d. Analisis finansial

· Proyeksi Penjualan / dalam Cash Flow selama umur usaha

· Proyeksi Laporan Rugi dan Laba

· Break Event Point Analysis

· Kriteria Kelayakan Investasi (NPV, IRV & Net B/C, dan Payback periode)

b. Konsep Penilaian

Penilaian dalam YAC melibatkan penilaian kuantitatif dan penilaian kualitatif yang dilakukan oleh tim seleksi dan Dewan juri. Hasil penilaian berupa skor atas variabel -variabel penilaian yang akan diranking oleh tim seleksi. Variabel-variabel tersebut meliputi variabel executif summary bisnis, analisis pasar, analisis produksi, rencana penjualan dan cash flow, analisis risiko bisnis (laporan rugi laba dan break event point)

c. Variabel Penilaian

1. Executive summary yang terdiri dari:

· Penjelasan singkat tentang bisnis Anda

· Latar belakang singkat bisnis bidang pertanian Anda

· Profil usaha Anda :

a. Penjelasan singkat tentang visi dan misi perusahaan Anda

b. Analisis SWOT bisnis Anda

c. Profil Organisasi/Management

d. Struktur Organisasi, rencana aktivitas dan penjadwalan

2. Aspek Produksi

· Jelaskan secara singkat produk bisnis atau jasa yang anda berikan.

· Apakah produk atau jasa yang anda tawarkan akan dipatenkan atau merk akan didaftarkan? Jelaskan.

3. Perencanaan Pemasaran Bisnis

· Jelaskan tentang target pasar Anda.

· Jelaskan tentang pesaing usaha Anda (berikut contoh).

· Sebutkan beberapa pembeli/ klien potensial Anda saat ini dan yang akan datang

· Jelaskan strategi pemasaran Anda

4. Analisis finansial dan risiko bisnis

· Jelaskan kebutuhan permodalan/keuangan bisnis anda.

· Jumlah modal yang dibutuhkan

· Jelaskan secara singkat rencana penggunaan modal Anda

· Proyeksi Penjualan / dalam Cash Flow selama umur usaha

· Proyeksi Laporan Rugi dan Laba

· Break Event Point Analysis

· Kriteria Kelayakan Investasi (NPV, IRV & Net B/C, dan Payback periode)

d. Bobot Penilaian

Bobot penilaian masing-masing variabel dalam Bisnis Plan yang dinilai adalah sebagai berikut:

1. Ide/gagasan (30%)

2. Format/ bahasa/gagasan (20%)

3. Substansi (50%)

a. Aspek-aspek yang dikaji

b. Struktur Organisasi, manajemen, pasar, produksi dan financial

c. Finansial (Cash Flow, Laporan Rugi/laba)

d. Kriteria kelayakan Investasi (NPV, IRV, Net B/C, Payback Periode, dan BEP)

Total 100%


Sistematika Proposal


1. COVER

2. LEMBAR PENGESAHAN

3. PENDAHULUAN

Executive Summary

a. Pendahuluan (Latar belakang usaha)

b. Profil Usaha (Profil Organisasi/Management dan struktur Organisasi)

c. Rencana aktivitas dan penjadwalan

4. ASPEK PEMASARAN

Pada bagian ini, proposal harus memuat analisis pasar atau peluang terserapnya produk di pasar serta strategi pemasaran yang akan diadopsi agar produk bisa bersaing dengan produk sejenis di pasar serta penentapan harga yang bisa diterima pasar. Bagian ini akan memuat antara lain mengenai:

a) Profil konsumen

b) Potensi dan segmentasi pasar

c) Pesaing dan peluang pasar

d) Media promosi yang akan digunakan

e) Target atau rencana penjualan satu tahun

f) Strategi pemasaran yang akan diterapkan

5. ASPEK PRODUKSI

Produk yang dimaksud di sini bisa juga berupa jasa. Produk atau jasa yang diusulkan hendaknya mengandung suatu inovasi sehingga memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk / jasa yang sudah ada. Inovasi bisa dalam hal produk / jasa itu sendiri, proses penyampaiannya ke pelanggan atau proses produksinya. Pada bagian ini anda harus menjelaskan:

a) Jenis dan nama produk, karakteristik produk

b) Keunggulan produk dibanding dengan produk lain di pasaran

c) Keterkaitan dengan produk lain termasuk perolehan bahan baku

3. Analisis Pasar

Pada bagian ini, proposal harus memuat analisis potensi atau peluang terserapnya produk di pasar serta strategi yang akan diadopsi agar produk bisa bersaing dengan produk sejenis di pasar. Bagian ini akan memuat antara lain mengenai:

g) Profil konsumen

h) Potensi dan segmentasi pasar

i) Pesaing dan peluang pasar

j) Media promosi yang akan digunakan

k) Target atau rencana penjualan satu tahun

l) Strategi pemasaran yang akan diterapkan

4. Analisis Produksi/Operasi

Bagian ini harus menjelaskan bagaimana produk atau jasa dihasilkan. Uraian pada bagian ini akan mencakup:

a) Bahan baku, bahan penolong dan peralatan yang digunakan

b) Pasokan bahan baku

c) Proses produksi/operasi

d) Jumlah produk atau jasa yang dihasilkan dalam 1 tahun

5. Analisis Keuangan

Antara lain menjelaskan tentang:

a. Kebutuhan permodalan/keuangan bisnis anda.

b. Jumlah modal yang dibutuhkan

c. Rencana penggunaan modal Anda

d. Proyeksi Penjualan / dalam Cash Flow selama umur usaha

e. Proyeksi Laporan Rugi dan Laba

f. Break Event Point Analysis

g. Kriteria Kelayakan Investasi (NPV, IRV & Net B/C, dan Payback periode)

6. Personalia dan jadwal kegiatan

Menjelaskan tentang personalia yang akan terlibat dalam program

a) Ketua Tim

- Nama

- NRP

- Program Studi / Fakultas

b) Anggota

- Nama

- NRP

- Program Studi / Fakultas

c) Pembimbing

- Nama

- NIP/Gol/Pangkat

- Program Studi / Fakultas

d) Kompetensi SDM yang dibutuhkan:

e) Organisasi

f) Jadwal Kegiatan

7. Rencana Anggaran Biaya

Berisi uraian anggaran biaya antara lain meliputi:

a) Kebutuhan Investasi

b) Kebutuhan Modal Kerja

8. Denah dan Lokasi Usaha

Antara lain menjelaskan tentang:

a) Nama perusahaan (jika ada), alamat lengkap

b) Gambar/denah lokasi usaha

9. Lampiran

a) Curiculum vitae ketua dan anggota pelaksana

b) Pernyataan kesediaan UKM Mitra (jika sudah ada) Lain-lain apabila diperlukan


FORMAT PENULISAN


1. Proposal ditulis dengan format penulisan :

a. A4, Times New Roman (TNR) 12, 1.5 spasi

b. Margin kiri : 4 cm ; kanan : 3 cm ; bawah : 3 cm ; dan atas : 3 cm

2. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, dan jelas.

3. Bagian kelengkapan administratif yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, halaman pengesahan, diberi nomor halaman menggunakan angka romawi kecil dan diketik disebelah kanan bawah (i, ii, dan seterusnya).

4. Bagian utama (naskah artikel) diberi nomor halaman menggunakan angka arab yang dimulai dengan nomor halaman 1 (satu) dan diketik di sebelah kanan atas.

5. Bentuk proposal dalam bentuk

1. Hardcopy dijilid soft cover berwarna merah dan dibuat 4 rangkap

2. Softcopy dikirim dalam bentuk compact disk dan dikirim via email

by YAC 2010. No Comments
Leave a Comment